ORGANISASI,ANGGOTA,PERSATU,SISWA,WARGA,KEGIATAN

Selasa, 26 Juli 2011

Sejarah PERSATU di Cab. TULANG BAWANG

Persatu adalah singkatan dari ( PERSAUDARAAN RASA TUNGGAL ) yang merupakan organisasi seni beladiri Pencak silat berasal dari kota Madiun ,Jawa Timur.

Persatu masuk dan berdiri di Provinsi Lampung pada tahun 1994 tepatnya di daerah Way Abung desa Mulya Asri  .berkembang dengan perjuangan yang tidak gampang. Ujian dan cobaan yang menerpa dari dalam maupun luar begitu besar, namun berkat doa dan perjuangan yang gigih Alhamdulilah Persatu dapat tetap mengibarkan bendera di kancah persilatan hingga saat ini.

Pada tahun 2001   tanggal 02 bulan Februari... dari Mulya Asri Persatu mulai dikembangkan ke daerah Unit II desa Dwi Warga Tunggal Jaya di Jl/ Erlangga  .sebagai sekretariat kediaman Sdr.Sobar Evantoro  dengan jumlah siswa saat pertama pembukaan latihan sebanyak 40 siswa.
Masa Pembukaan..

Dimulai dari beberapa usul dan minat pemuda dan remaja lingkungan sekitar maka Ms. Sobar mengajukan permohonan membuka ranting di kediamannya. Dengan bekal AD_ART  dan surat ijin dari Ketua PERSATU Cabang Way Abung. beliaupun mulai mengurus semua prosedur mendirikan suatu organisasi di lingkungan hukum POLRES Tulang Bawang. dan lingkup pemerintahan Kabupaten Tulang Bawang.
Tidak semudah saat sekarang sarana transportasi yang sudah memadai . dengan sepeda kayuhnya beliau mengurus semua surat menyurat prosedur perijinan tersebut . Dan tidak kurang beliau harus berulang kali datang ke kantor pemerintah untuk memperjuangkan PERSATU di DWT jaya. Niat yang bulat serta demi persaudaraan yang diharapkan terwujud  semua halangan  tidak menjadi beban.

Setelah melalui beberapa tahap perijinan dari tingkat bawah hingga tingkat kabupaten ,maka pada tanggal 02 Februari 2001  latihan Peraudaraan Rasa Tunggal  resmi dibuka dengan jumlah siswa 40 siswa. dan dihadiri oleh masyarakat sekitar dan Warga PERSATU cabang Way Abung.


MASA LATIHAN


Setelah diresmikan dibuka,latihan pencak silat Persatu mulai dilaksanakan dengan jumlah siswa yang cukup banyak di depan halaman rumah yang hanya seluas 12m x 8 m . karena di lingkungan latihan Persatu sangat awam mengenai organisasi beladiri pencak silat maka pada saat awal latihan masyarakat tetangga sangat antusias melihat latihan silat tersebut.begitulah keadaan latihan saat satu bulan pertama  latihan.

Pelatih :
1. Ms. Sobar Evantoro
2. Ms. Nur Yanto
3. Ms. Sabar
Jadwal Latihan Malam Minggu dan malam kamis
Masa latihan Privat 1 tahun 6 bulan.
Jumlah siswa yang tamat latihan 14 siswa. dari total siswa yang pernah berlatih di PS.PERSATU Tuba sebanyak < 100 siswa.

MASA PENGEMBANGAN

saat ini ( 2011 ) siswa yang masih aktif latihan sebanyak 70 siswa dan warga  yang telah ditamatkan sebanyak 50 warga data terakhir juni 2011.

dengan pengembangan latihan di lingkup Masyarakat umum dan lingkup Pendidikan SMP/SMA/SMK.

1 komentar:

  1. Assalamualikum salam persaudaraan mas saya anak murid rasa tunggal th87 saya sesepuh nya palembang nama saya hery mendayun

    BalasHapus